Minggu, 19 Desember 2010

RAHASIA DIBALIK RUTINITAS "WUDHU"

Bismillah...
ThohaRoh meRupakan iNti ibadah. Tanpa hal yang satu ini, jaNgan haRap shOlat kita akan diteRima. Ini pula kuNci kesucian. Begitu seRing Rosululloh meNjaga wudhu daLam Rangka meNjaga kesucian diRi. Bahkan saat ada seoRang yang maRah sekalipun, wudhu mujaRab meRedakannya. "Apabila saLah seoRang daRi kamu daLam keadaan maRah, maka beRwudhuLah. Sesungguhnya maRah itu beRasal daRi api." (HR. Abu Dawud).

Apa sebetuLnya hikmah yaNg teRsimpan di baLik syaRiat wudhu??

Medis sedikit baNyak bisa meNgungkapkan Rahasia di baLiknya. KaRena wudhu teRnyata meRupakan RituaL peNyucian yaNg meNgutamakan uNsuR kesehatan. KesegaRan yaNg dipeRoleh, tak haNya secaRa fisik, namun juga meNtal. Tak heRan maRah bisa Reda kaRenanya. Lebih daRi itu, bagian-bagian yaNg dibasuh meRupakan titik-titik peRemajaan tubuh.

Adalah Dr. MagOmedOv, asisten pada lembaga GeneRal HygieNe and EcOlOgy (Kesehatan Umum dan EkoLogi) di Daghestan State Medical Academy, daLam atikeLnya beRjudul "Muslims Rituals and TheiR Effect on the PeRson's Health" meNgetengahkan bagaimana wudhu dapat meNstimulasi atau meRangsaNg iRama tubuh secaRa alami.

RangsaNgan itu muNcul pada seLuRuh tubuh, khususnya pada aRea yaNg disebut BiologicaL Active Spots (BASes) atau titik-titik aktif biologis. BASes miRip sekali deNgan titik-titik Refleksologi ala China. Bedanya, untuk meNguasai titik-titik Refleksi ala China deNgan tuNtas paLing tidak dibituhkaN waktu 15-20 tahun. BandiNgkan deNgan pRaktik wudhu yaNg sangat sedeRhaNa!!

Di sisi lain, kita ketahui bahwa untuk membeRikan efek pijat Refleksi ala China dipeRlukaN juga tekaNan bahkaN tusukan jaRum. Lalu apakah efek ini akan bisa teRasa jika haNya dengan usapan lembut saat beRwudhu? SebenaRnya ada 700 BAses pada tubuh kita, tapi 65 di aNtaRanya memiLiki efek teRapi RefLeksi cepat, yaNg cukup dikenai pijatan Ringan atau usapan lembut uNtuk meNgaktifkannya. DaeRah ini dikeNal deNgan sebagai "dRastic spot".
MenuRut Dr. MagOmedOv-yaNg juga meNguasai iLmu Refleksologi China, 61 daRi 65 "dRastic spot" teRsebut adaLah bagian tubuh yaNg dibasuh aiR wudhu. Subhanalloh, inilah Letak keistimewaan wudhu!!

DeNgan demikian, guyuRan aiR wudhu dalm koNsep peNgobatan mOden tidak lain adalah HIDROMASSAGE alias pijat deNgan memanfaatkan air sebagai media peNyembuhan. Mengingat sistem metabOlisme tubuh maNusia teRhubung dengan jutaan saRaf yaNg ujuNgnya teRsebaR di sepaNjang kuLit. Membasuh aRea wajah misaLnya. Pijatan aiR akan membeRi efek pOsitif pada usus, ginjal dan sistem saRaf maupun RepRoduksi. Membasuh kaki kiRi beRefek pOsitif pada keLenjaR pitutaRia di Otak yaNg meNgtuR fuNgsi-fuNgsi keleNjaR eNdOkRin (keleNjaR yaNg beRtugas meNgatuR peNgeluaRan hOrmon daN meNgendaLikaN peRtumbuhan). Di teLinga teRdapat Ratusan titik bioLogis yaNg akan meNuRunkan tekanan daRah dan meNguRangi sakit.

DibaNdingkan Refleksologi yaNg haNya beRfuNGsi meNyembuhkan, wudhu mempuNyai keutamaan lain yaitu saNgat efektif uNtuk meNcegah masuknya bibit peNyakit. MenuRut dr.M.Aron Pase, kuLit meRupakan oRgan teRbesaR tubuh yaNg fuNgsi utamanya membuNgkus tubuh seRta meLinduNgi tubuh daRi beRbagai aNcaman kuman, Racun, Radiasi, seRta meNgatuR suhu tubuh. Selain itu, kuLit beRfuNgsi sebagai ekskResi (tempat pembuangan zat-zat yaNg tak beRguna melalui poRi-poRi), seRta media kOmunikasi aNtaR sel saRaf untuk Rangsang nyeRi, panas, seNtuhan dan tekanan.

Mengingat demikian besaR fuNgsi kuLit, maka kestabiLannya begitu beRmakna. Kestabilan kuLit diteNtukan oLeh pH (deRajat keasaman) dan kelembaban. BeRsuci meRupakan saLah satu metOde maNjaga kestabiLan teRsebut. Dengan beRsuci beRarti teRjadinya peRemajaan daN peNcucian kuLit, seLaput leNdiR dan juga lubaNg-lubaNg tubuh yaNg beRhubuNgan deNgan dunia luaR (poRi-poRi kuLit, RoNgga muLut, hiduNg daN teLiNga).

Membasuh wajah bisa meremajakan sel-sel kuLit muka dan membantu mencegah muNcuLnya keRiput. BeRkumuR-kumuR daLam beRsuci beRarti membeRsihkan RoNgga mulut daRi penulaRan peNyakit. sisa makanan seRing mengendap atau teRsaNgkut di aNtaRa seLa-seLa gigi yaNg tidak dibeRsihklan-dengan beRkumuR-kumuR dan atau meNyikat gigi) akhiRnya akan menjadi mediasi peRtumbuhan kuman. DeNgan beRkumuR-kumuR secaRa benaR dan dilakukaN lima kali sehaRi beRarti taNpa kita sadaRi kita teLah meNcegah iNfeksi gigi daN muLut.

Istinsyaq adalah meNghiRup aiR deNgan lubang hidung, meLalui Rongga hiduNg sampai ke teNggoRokan bagian hiduNg (nasophaRynk). FuNgsiNya adaLah uNtuk meNsucikaN seLaput dan leNdiR hiduNg yaNG teRcemaR oLeh udaRa kOtoR daN juga kuman. Selaput dan leNdiR hidung meRupakan basis peRtahanan peRtama peRnapasan. Kira-kiRa beRapa kali kita teRseRang flu daLam setahun?? Dengan istinsyaq, Insya Allah kuman Infeksi SaluRan PeRnapasan Atas (ISPA), sepeRti flu dapat dicegah. Bisa dibayaNgkan, beRapa kali kita teRseRang fLu jika tidak ada syaRiat wudhu?!

Begitu pula deNgan pembeRsihan telinga sampai pada peNcucian kaki beseRta telapak kaki yaNg tak kaLah peNtiNgnya untuk mencegah beRbagai infeksi kuman.

DaRi sudut paNdaNg peNgobatan medis, MukhtaR Salem daLam bukunya, "Prayers: a SpoRt foR the Body and Soul" menjelaskan bahwa wudhu juga bisa meNcegah kaNkeR kuLit. Jenis kankeR ini lebih baNyak disebabkan oLeh bahan-bahan kimia yaNg setiap haRi menempal dan teRseRap oLeh kuLit, teRutama pada bagian yaNg kadang tidak terlindungi pakaian.

Wajah, kepala beseRta Rambut, hiduNg, muLut, teLinga, taNgan hiNgga siku, dan kaki hiNgga peRgeLangan, semuanya seRing teRpapaR liNgkuNgan luaR. Maka caRa paLing efktif meNjauhkan Resiko ini adaLah membeRsihkannya secaRa Rutin lewt wudhu.

Di sisi Lain, muNcuL peRtanyaan: BukaNkah Muslimah lebih teRlinduNg lagi deNgan diguNakannya jiLbab? BenaR. Namun masaLahnya adaLah, ketika beRaktifitas di Rumah atau di LingkuNgan yaNg secaRa syaRiat dibOlehkan uNtuk meLepaskan jiLbab, tetap saja aRea teRsebut terbuka,bukan?? TeRlebih lagi secaRa umum kuLit peRempuan lebih seNsitif teRhadap peNgaRuh luaR daRipada Laki-Laki. ItuLah saLah satu sebabnya keNapa musLimah diwajibkan memakai busaNa yaNg dapat meNutup auRat deNgan sempuRna. Muslimah yaNg busaNanya tidak syaR'i sepeRti ketat, tRanspaRan, tipis, seLain meNganduNg dOsa juga haNya akan mempeRbuRuk kesehatan pemakainya.

Inilah syaRiat, antisipasi teRhadap segala kemuNgkinan, itu adalah untuk kebaikan manusia itu seNdiRi. Tidak ada kesia-siaan daLam atuRan-atuRan yaNg sudah ditetapkan oleh Alloh. Memang teLah ada wudhu, tapi sekaLi lagi kuLit waNita itu lebih seNsitif, lebih Rentan teRhadap beRbagai peNyakit kuLit (jeRawat,misaLnya) sehiNgga peRliNduNgan deNgan meminimaLkan pemapaRan teRhadap liNgkuNgan luaR saNgat dipeRlukan. Dan Alloh Maha Tahu teNtang hal ini. SuNgguh, betapa sayang-Nya SaNg Pencipta teRhadap hamba-Nya. BeNda yaNg mahal haRganya akan dijaga dan disimpan di tempat teRaman dan teRbaik. Sudah pasti INTAN PARMATA tidak akan dibiaRkan teRseRak,bukan?? Untuk itu maRi kita TOTAL BERISLAM....

Semoga Alloh seLalu membimbing kita untuk tetap menempati kebenaRan daN semOga Alloh meNjadikan kita maNusia yaNg seLalu paNdai beRsyukuR..SuNgguh Alloh Maha PeNgasih dan Maha Penyayang teRhadap hamba-hambaNYa..Adakah agama seLain Islam yaNg begitu mempeRhatikan kemashlahatan peNganutnya bahkan sampai ke hal-hal teRkeciL sekalipun..bahkan sampai pada hal-hal yaNg tak kita peduLikaN sekalipun..
Semoga beRmanfaat...

* Diambil n sedikit diedit daRi catatan seorang Ukhti yg mengutip dr buku: SUPER HEALTH " Gaya Hidup Sehat Rasulullah", ditulis oLeh Egha ZainuR Ramadhani..,,Semoga Allah merahmati mereka dan kita semua, amin*

StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

0 komentar:

Poskan Komentar

Emoticons for Comment and Chat Zone

http://www.smileycodes.info :a http://www.smileycodes.info :b http://www.smileycodes.info :c http://www.smileycodes.info :d http://www.smileycodes.info :e http://www.smileycodes.info :f http://www.smileycodes.info :g http://www.smileycodes.info :h http://www.smileycodes.info :i http://www.smileycodes.info :j
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger